Media NU Pakuniran Berita Hadiri Rapat Pleno KPU, Pj. Bupati Probolinggo Tegaskan Netralitas ASN di Pilkada 2024

Hadiri Rapat Pleno KPU, Pj. Bupati Probolinggo Tegaskan Netralitas ASN di Pilkada 2024

Kraksaan,medianupakuniran.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat pleno terbuka untuk pengundian nomor urut pasangan calon Bupati (Cabup) dan Wakil Bupati (Cawabup) Probolinggo tahun 2024 di Gedung Islamic Center (GIC) Kraksaan, Senin (23/9/2024).

Hadir langsung pada acara tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo H. Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si. beserta jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Probolinggo dan Ketua Sementara DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma.

Dalam sambutannya, Pj. H. Ugas Irwanto menyampaikan harapan besar agar pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Probolinggo dapat berjalan dengan lancar, damai dan sukses. Ia menekankan pentingnya menjaga kerukunan dan kedamaian selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara.

“Kita semua berharap proses Pilkada ini menjadi pesta demokrasi yang membawa kebahagiaan, tanpa menimbulkan konflik atau keributan di tengah masyarakat. Mari kita menjaga kerukunan bersama,” katanya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Ugas juga menyinggung peran Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada. Sesuai dengan himbauan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), ASN diperbolehkan hadir dalam kegiatan kampanye, namun diharapkan bersikap pasif dan menjaga netralitas.

Pj Bupati Ugas menekankan, khusus di Kabupaten Probolinggo, ASN diharapkan menghindari kehadiran dalam kampanye kecuali untuk kepentingan pengamanan dan pemantauan demi menghindari prasangka atau kecurigaan publik.

“Saya tegaskan kembali, ASN harus netral dan tidak perlu hadir dalam kampanye. Kita ingin memastikan bahwa proses Pilkada ini berjalan dengan bersih dan transparan,” tegasnya.

Reporter: Hidayat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post